Fathimah Assahra (2024) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SOPPENG.
Text
PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SOPPENG.pdf Download (475kB) |
Abstract
Fathimah Assahra, 2024. Penerapan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Sahril Buchori, S.Pd., M.Pd dan Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Soppeng (2) Penerapan teknik self management dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di SMA Negeri 1 Soppeng (3) Penerapan teknik self management dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi experimental design. Desain eksperimen menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah teknik self management dan variabel terikat adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik, yang teridentifikasi mengalami motivasi belajar rendah. Adapun sampel sebanyak 20 peserta didik dan sampel dalam penelitian ini adalah 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol, yang dimana penarikan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala instrumen motivasi belajar dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan pengujian hipotesis dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar peserta didik saat berada pada kategori sedang. Pada saat posttest berada pada kategori tinggi (2) Penerapan teknik self management dalam motivasi belajar yaitu observasi diri, evaluasi diri, pemberian pengukuhan, penghapusan dan hukuman (3) Hasil uji nilai hipotesis dihitung sig (2-tailed) = 0,000 <α=0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik self management dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Soppeng. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Teknik Self Management.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36082 |
Actions (login required)
View Item |