PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SONGKOK-SONGKOK JANGANG UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS IV SDN NO.166 INPRES BONTORITA

Nur Insani (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SONGKOK-SONGKOK JANGANG UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS IV SDN NO.166 INPRES BONTORITA.

[img] Text
ARTIKEL NUR INSANI. S.pdf

Download (204kB)

Abstract

Nur Insani . S. 2024. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Songkok-Songkok Jangang untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. dan Dr. Sahril Buchori, M.Pd. Jurusan Psikologi pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan songkok-songkok jangang untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita. Penelitian ini bertujuan unruk mengetahui : (1) Gambaran penyesuaian diri siswa kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan songkoksongkok jangang, (2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan songkok-songkok jangang, (3) pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan songkok-songkok jangang untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Experimen dengan model quasi eksperimen design. Sample penelitian berjumlah 20 siswa dan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (N=10) dan kontrol (N=10). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Berdasarkan hasil sebelum dan setelah diberikan perlakuan, di peroleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 menunjukan H0 ditolak maka dapat di simpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan songkoksongkok jangan dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Permainan songkok-songkok jangang, Penyesuaian diri siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:44
Last Modified: 13 Sep 2024 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36081

Actions (login required)

View Item View Item