ANDI ELSA AULIA FATIMAH (2024) PENERIMAAN DIRI NEGATIF SISWA DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS SATU ORANG SISWA DI SMP NEGERI 49 MAKASSAR).
Text
ARTIKEL PENERIMAAN DIRI NEGATIF SISWA DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS SATU ORANG SISWA DI SMPN 49 MAKASSA~0.pdf Download (191kB) |
Abstract
ANDI ELSA AULIA FATIMAH, 2024, Penerimaan Diri Negatif Siswa dan Penanganannya (Studi Kasus Satu Orang Siswa Di SMP Negeri 49 Makassar). Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd.) Penelitian ini menganalisis tentang penerimaan diri negatif dan penanganannya terhadap satu siswa di SMP Negeri 49 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penerimaan diri negatif siswa di SMP Negeri 49 Makassar, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan penerimaan diri negatif siswa di SMP Negeri 49 Makassar, (3) Dampak dari penerimaan diri negatif siswa di SMP Negeri 49 Makassar, dan (4) Upaya penanganan dalam mengatasi penerimaan diri negatif siswa di SMP Negeri 49 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu subjek (SA), teman kelas, guru BK, wali kelas, dan orang tua subjek. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran penerimaan diri yang terlihat pada subjek SA, yakni sikap penolakan diri, tidak ingin dikritik, sulit diajak bekerjasama, terlihat kurang bersemangat saat pembelajaran, dan terisolir atau mengasingkan dirinya dari teman-temannya. (2) Faktor yang menyebabkan penerimaan diri negatif pada subjek, yakni faktor internal berupa faktor pemahaman diri dan faktor harapan-harapan yang tidak rasional serta faktor eksternal berupa hambatan lingkungan dan pengalaman gagal yang diperoleh dari lingkungannya. (3) Dampak dari penerimaan diri negatif yang dialami subjek SA, yakni kesulitan mengatur emosi, tidak percaya diri, kesulitan bergaul, dan kurangnya motivasi belajar. (4) Upaya yang dilakukan dalam menangani kasus penerimaan diri negatif pada subjek SA yakni melalui upaya yang dilakukan oleh guru BK berupa pemberian nasihat, motivasi, strategi reward dan upaya yang melibatkan kerjasama dan kolaborasi dengan guru bidang study dalam pembinaan subjek dengan penerimaan diri negatif. Sedangkan upaya yang dilakukan peneliti dalam mengatasi masalah penerimaan diri ini dengan menggunakan pendekatan SFBC dengan lima tahap kegiatan. SFBC digunakan sebagai alternatif penanganan sebab pendekatan ini berbasis pada konsep bahwa permasalahan itu berpangakal pada konstruksi individu itu sendiri serta menawarkan solusi singkat yang dibangun dengan kekuatan individu. Setelah pemberian perlakuan, subjek SA secara perlahan dapat meminimalisir penerimaan diri negatifnya dan merumuskan tujuan-tujuan yang lebih bermanfaat. Kata Kunci: Penerimaan diri negatif. Solution-Focused Brief Counseling
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:33 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36080 |
Actions (login required)
View Item |