PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEPERCAYAN DIRI BERICARA DI DEPAN UMUM SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP NEGERI 3 PATAMPANUA

NOVITA (2024) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEPERCAYAN DIRI BERICARA DI DEPAN UMUM SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP NEGERI 3 PATAMPANUA.

Full text not available from this repository.

Abstract

NOVITA,2022. Pengembangan Buku Panduan Kepercayaan Diri Berbicara di Depan Umum Sebagai Media Bimbingan Klasikal di SMP Negeri 3 Patampanua. Skripsi Dibimbing oleh. Dr. Sulaiman Samad, M.Si dan Ibu Dr. Suciani Latif,M.Pd. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Patampanua tentang pengembangan buku panduan kepercayaan diri berbicara di depan umum sebagai media bimbingan klasikal bagi siswa yang mengalami kepercayaan diri berbicara di depan umum yang rendah dan belum ada media yang dapat membantu guru bk di SMP Negeri 3 Patampanua dalam memberikan informasi tentang kepercayaan diri berbicara di depan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) bagaimana gambaran kebutuhan buku panduan kepercayaan diri berbicara di depan umum sebagai media bimbingan klasikal; 2) Bagaimana prototype buku panduan kepercayaan diri berbicara di depan umum sebagai media bimbingan klasikal; 3) Untuk menghasilkan buku panduan kepercayaan diri berbicara di depan umum yang valid dan praktis sebagai layanan bimbingan klasikal bagi guru. Peneliti ini meggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah di modifikasi peneliti menjadi 7 tahapan sesuai dengan kebutuhan peneliti. Adapun 7 tahapan tersebut yaitu, reset awal dan pengumpulan informasi, perencanaan pengembangan, pengembangan bentuk awal produk, validasi ahli, revisi produk tahap 1, uji coba lapangan (kelompok kecil) dan revisi produk 2 (produk akhir). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) siswa tidak mampu untuk melakukan sesuatu sesuai harapannya dan takut berbicara di depan umum dan pelaksanaan layanan bimbingan kurang maksimal sehingga membutuhkan buku panduan kepercayaan diri berbicara di depan umum untuk mendukung pelaksanaan layanan bimbingan klasikal di sekolah. 2) prototype pengembagan buku panduan kepercaaan diri berbicara di depan umum di beri judul buku pandua kepercayaan diri berbicara di depan umum terdiri dari sampul buku,halaman awal, petunjuk pengguna, isi materi kepercayaan diri, latihan dan lembar kerja. 3) tingkat validitas dan kepraktisan dari buku panduan kepercayaan diri berbicara di depan umum setelah melalui uji validitas dinyatakan telah valid, berdasarkan hasil uji validasi ahli materi dengan hasil 88% yang berarti sudah sesuai dengan kebutuhan siswa, ahli media sebesar 94% yang berarti dari segi grafis teks sudah sangat baik dan untuk kepraktisan dari media setelah di uji coba kepraktisan dinyatakan praktis dengan hasil sebesar 94%, serta pada uji coba kelompok kecil oleh 10 orang siswa diperoleh hasil dengan kriteria sangat valid sehingga buku panduan kepercayaan diri berbicara di depan umum telah layak untuk di uji cobakan secara luas. Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Buku Panduan Kepercayaan Diri Berbicara di Depan umum

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:30
Last Modified: 13 Sep 2024 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36079

Actions (login required)

View Item View Item