Dewi Pratiwi (2024) STUDI KASUS PERILAKU BULLYING DAN PENANGANANNYA DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN MULTAZAM BONTONOMPO.
Text
Jurnal_Dewi Pratiwi 1944040011.pdf Download (313kB) |
Abstract
Dewi Pratiwi, 2024, Studi Kasus Perilaku Bullying dan Penanganannya di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Multazam Bontonompo. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd) Penelitian ini membahas tentang perilaku bullying dan penanganannya terhadap 1 santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran bentuk perilaku bullying pada subjek MA di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Multazam Bontonompo, (2) dampak dari perilaku bullying yang dialami oleh subjek MA di Pesantren Tahfidzul Qur’an Multazam Bontonompo, (3) faktor yang menyebabkan terjadinya bullying pada subjek MA di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Multazam Bontonompo, (4) Upaya penanganan masalah perilaku bullying pada subjek MA di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Multazam Bontonompo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Sumber data dalam proses penelitian ini yaitu subjek (MA), teman dekat dan guru pendamping. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan life story subjek. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gambaran terkait dengan bentuk-bentuk perilaku bullying yang dialami pada subjek MA yaitu bullying fisik, bullying verbal dan bullying sosial, (2) dampak perilaku bullying oleh subjek MA yaitu mengalami psychological well-being, penyesuaian sosial yang buruk dan psychological distress, (3) faktor yang menyebabkan perilaku bullying yang dialami MA terdiri dari faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal: dari diri sendiri yang pendiam hingga berperilaku pasif jika mengalami bullying dan pemalu sehingga sulit berkata tidak. Selanjutnya, faktor eksternal: adanya perbedaan hubungan dan pergaulan antar teman sebaya dan lingkungan tidak aman pada sarana yang tidak difasilitasi dengan CCTV (Lapangan, area samping masjid dan lorong asrama). (4) upaya yang dilakukan dalam menangani masalah perilaku bullying pada subjek MA adalah dengan menggunakan teknik latihan asertif. Setelah intervensi diberikan, maka subjek MA secara perlahan dapat mengurangi perilaku bullying yang dialami. Kata Kunci: Bullying, Teknik Latihan Asertif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:26 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36077 |
Actions (login required)
View Item |