PENGARUH TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA SMAN 5 TORAJA UTARA

Walid Mahram (2024) PENGARUH TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA SMAN 5 TORAJA UTARA.

[img] Text
ARTIKEL_PENGARUH TEKNIK ASERTIVE TRAINING TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA SMAN 5 TORAJA UTARA_WALID MAH~0.pdf

Download (341kB)

Abstract

Walid Mahram, 2024, Pengaruh Teknik Assertive Training Terhadap Perencanaan Karier Siswa SMAN 5 Toraja Utara. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul Saman M.Si.,Kons dan Dr. Suciani Latif, M.Pd.) Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh Teknik assertive training terhadap perencanaan karier siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran perencanaan karier siswa kelas XI di SMAN 5 Toraja Utara sebelum dan setelah penerapan teknik assertive training. 2) Gambaran penerapan teknik assertive training terhadap siswa kelas XI di SMAN 5 Toraja Utara. 3) Pengaruh teknik assertive training terhadap perencanaan karier siswa kelas XI di SMAN 5 Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi experimental design bentuk non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 46 siswa dan sampel penelitian sebesar 16 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 8 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala perencanaan karier dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial, dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dengan jenis independent sample t-test menggunakan program IBM SPSS Versi 22.0 karena memenuhi uji prasyarat data yaitu data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat perencanaan karier siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, tingkat perencanaan karier siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan Teknik assertive training terhadap perencanaan karier siswa dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang dan melalui lima tahapan yaitu a) Bermain peran, b) melaksanakan latihan dan praktik, c) mengulang latihan, d) tugas rumah dan tindak lanjut, e) terminasi. Pada saat pelaksanaan Teknik assertive training terhadap perencanaan karier, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada pengaruh Teknik assertive training terhadap perencanaan karier siswa pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa Teknik assertive taining terhadap perencanaan karir. Artinya, pengaruh Teknik assertive training terhadap perencanaan karir dapat meningkatkan perencanaan karir siswa secara signifikan di SMAN 5 Toraja Utara. Kata kunci: Perencanaan karier, Teknik Assertive Training.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:59
Last Modified: 12 Sep 2024 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36055

Actions (login required)

View Item View Item