Nurul Afifa Rachman (2024) PENERAPAN KONSELING REALITA DENGAN PROSEDUR WDEP UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 12 MAKASSAR.
Text
Nurul Afifa Rachman_Artikel Ilmiah Skripsi_1644041003.pdf Download (503kB) |
Abstract
Nurul Afifa Rachman. 2023. Penerapan Konseling Realita dengan Prosedur WDEP untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi. Prodi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Akhmad HArum, S.Pd, M.Pd Penelitiaan ini menelaah penerapan konseling realita dengan prosedur WDEP untuk menguranfi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Rtujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Gambaran perilaku Prokrastinasi akademik siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar, (2) Gambaran penerapan Konseling Realita Dengan Prosedur WDEP untuk mengurangi perilaku Prokrastinasi akademik siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar, (3) Konseling Realita Dengan Prosedur WDEP dapat mengurangi perilaku Prokrastinasi akademik siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Design. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah PretestPosttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa yang teridentifikasi berperilaku prokrastinasi akademik yang tinggi dan pengambilan sampelmenggunakan teknik propotional random sampling dengan jumlah sampel 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control dengan pembagian masing-masing 10 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala perilaku Prokrastinasi akademik dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat prokrastinasi akademik siswa saat pretest kelompok eksperimen berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor 93,5 dan pada posttest terjadi penurunan prokrastinasi akademik siswa kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan rata-rata skor 59,2, (2) pelaksanaan Konseling Realita Dengan Prosedur WDEP terdiri dari 4 tahap yaitu, Want (Mengeksplorasi kebutuhan Konseli), Doing and Direction (mengidentifikasi arah tujuan yang akan dicapai konseli), Evaluation (evaluasi diri atau menyadari perilaku), dan Planning ( membuat perencanaan dan komitmen), (3) Ada perbedaan signifikan pada tingkat Prokrastinasi akademik siswa antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelompok kontrol, artinya pemberian layanan konseling realita dengan prosedur WDEP berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Kata Kunci : Konseling Realita dengan Prosedur WDEP, Prokrastinasi Akademik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36030 |
Actions (login required)
View Item |