PENGARUH STRATEGI COPING TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 1 PAJUKUKANG

Miftahul Ikhsan (2024) PENGARUH STRATEGI COPING TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 1 PAJUKUKANG.

[img] Text
Jurnal Miftahul Ikhsan ~ 1844042011.pdf

Download (743kB)

Abstract

Miftahul Ikhsan, 2024. Pengaruh Strategi Coping terhadap stress akademik siswa di SMP Negeri 1 Pajukukang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas diri individu. Setiap jenjang pendidikan memiliki berbagai rintangan dan tantangan akademis, seperti tekanan belajar dan beban tugas yang banyak. Rintangan dan tantangan yang dilalui cenderung dapat menjadi stressor siswa yang dapat menimbulkan stress akademik, sehingga salah satu cara untuk menurunkan stress dengan menerapkan strategi coping yasng efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran stress akademik siswa di SMP Negeri 1 Pajukukang, (2) gambaran startegi coping siswa di SMP Negeri 1 Pajukukang, (3) pengaruh strategi coping terhadap stress akademik siswa di SMP Negeri 1 Pajukukang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa aktif SMP Negeri 1 Pajukukang dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 391 siswa. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah (1) mayoritas stress akademik siswa SMP Negeri 1 Pajukukang berada pada kategori sedang, (2) mayoritas strategi coping siswa SMP Negeri 1 Pajukukang berada pada kategori sedang, (3) adanya pengaruh antara strategi coping terhadap stress akademik siswa di SMP Negeri 1 Pajukukang dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada siswa, guru, dan pihak sekolah agar dapat mengetahui pentingnya penerapan strategi coping pada siswa yang mengalami stress akademik. Kata kunci: Siswa SMP, Stres Akademik, Strategi Coping.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:14
Last Modified: 10 Sep 2024 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35990

Actions (login required)

View Item View Item