PENERAPAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA DI SMK NEGERI 1 BARRU

As Syifa Hidayatullah (2024) PENERAPAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA DI SMK NEGERI 1 BARRU.

Full text not available from this repository.

Abstract

As Syifa Hidayatullah, 2023. Penerapan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Di SMK Negeri 1 Barru. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran resiliensi siswa di SMK Negeri 1 Barru, (2) Gambaran pelakasanaan konseling realitas dalam meningkatkan resiliensi siswa di SMK Negeri 1 Barru, (3) Konseling realitas dapat meningkatkan resiliensi siswa di SMK Negeri 1 Barru. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitia eksperimen model quasi eksperimental design. Desain dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design dimana dalam desain penelitian ini terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan angket. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu, populasi berjumlah 48 orang, adapun sampel berjumlah 16 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu orang pada kelompok eksprimen dan 8 orang pada kelompok kontrol, dimana teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial parametrik yaitu uji t, dimana teknik statistik deskriptif bertujuan untuk menggambarkan kumpulan data dengan memberikan gambaran singkat tentang sampel dan ukuran data, adapun statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi siswa sebelum diberikan perlakuan berupa konseling realitas berada pada kategori yang rendah. Penerapan konseling realitas dilakukan dengan 5 kali pertemuan, yaitu tahap pembentukan, pelaksanaan WDEP. Penerapan konseling realitas dapat meningkatkan resiliensi siswa di SMK Negeri 1 Barru. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 20 melalui uji independent samples t test mendapatkan nilai sig. (2-tailed) 0.000. berdasarkan dasar pengambilan keputusan dalam penelitian ini yaitu H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai signifikan (2-tailed) < dari 0.05, dengan demikian hipotesis Ha berbunyi konseling realitas dapat meningkatkan resiliensi siswa di SMK Negeri 1 Barru. Kata Kunci : Resiliensi, Konseling Realitas

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2024 05:43
Last Modified: 09 Aug 2024 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35876

Actions (login required)

View Item View Item