PENGEMBANGAN MEDIA E-PROCS UNTUK MENCEGAH PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 MAROS

MUHAMMAD FAHRAIN AZIS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-PROCS UNTUK MENCEGAH PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 MAROS.

Full text not available from this repository.

Abstract

MUHAMMAD FAHRAIN AZIS. 2024. Pengembangan Media E-Procs Untuk Mencegah Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 1 Maros. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.(dibimbing oleh Abdullah Pandang dan Sahril Buchori) Penelitian ini mengembangkan media modul elektronik e-procs untuk mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui; 1) Gambaran kebutuhan media modul elektronik e-procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros; 2) Prototipe media modul elektronik e-procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros; 3) Tingkat validitas media modul elektronik e-procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros; 4) Tingkat kepraktisan media modul elektronik e�procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Guru BK dan Siswa SMA Negeri 1 Maros menunjukkan kebutuhan yang tinggi akan adanya media modul elektronik e-procs untuk mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa; 2) Prototipe media modul elektronik e-procs terdiri dari lima bagian yaitu BAB I Pendahuluan, BAB II Mengenal Lebih Dekat Prokrastinasi, BAB III Sesi Tantangan, BAB IV Upgrade Session, dan BAB V Penutup. 3) Penilaian media modul elektronik e-procs oleh ahli materi diperoleh presentase 95% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Penilaian oleh ahli media memperoleh presentase 97 % dan termasuk dalam kategori sangat valid. 4) Penilaian oleh guru bimbingan dan konseling diperoleh nilai dari ketiga aspek yaitu kegunaan, kelayakan dan ketepatan dengan total persentase 91% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Penilaian oleh siswa memperoleh hasil dengan persentase 94% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Kata Kunci : E-Procs, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:47
Last Modified: 09 Aug 2024 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35872

Actions (login required)

View Item View Item