MUHAMMAD FAHRAIN AZIS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-PROCS UNTUK MENCEGAH PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 MAROS.
Full text not available from this repository.Abstract
MUHAMMAD FAHRAIN AZIS. 2024. Pengembangan Media E-Procs Untuk Mencegah Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 1 Maros. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.(dibimbing oleh Abdullah Pandang dan Sahril Buchori) Penelitian ini mengembangkan media modul elektronik e-procs untuk mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui; 1) Gambaran kebutuhan media modul elektronik e-procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros; 2) Prototipe media modul elektronik e-procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros; 3) Tingkat validitas media modul elektronik e-procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros; 4) Tingkat kepraktisan media modul elektronik e�procs dalam mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Maros. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Guru BK dan Siswa SMA Negeri 1 Maros menunjukkan kebutuhan yang tinggi akan adanya media modul elektronik e-procs untuk mencegah perilaku prokrastinasi akademik siswa; 2) Prototipe media modul elektronik e-procs terdiri dari lima bagian yaitu BAB I Pendahuluan, BAB II Mengenal Lebih Dekat Prokrastinasi, BAB III Sesi Tantangan, BAB IV Upgrade Session, dan BAB V Penutup. 3) Penilaian media modul elektronik e-procs oleh ahli materi diperoleh presentase 95% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Penilaian oleh ahli media memperoleh presentase 97 % dan termasuk dalam kategori sangat valid. 4) Penilaian oleh guru bimbingan dan konseling diperoleh nilai dari ketiga aspek yaitu kegunaan, kelayakan dan ketepatan dengan total persentase 91% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Penilaian oleh siswa memperoleh hasil dengan persentase 94% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Kata Kunci : E-Procs, Prokrastinasi Akademik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 02:47 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35872 |
Actions (login required)
View Item |