PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SD TELKOM MAKASSAR

DIAN MUNAWARAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SD TELKOM MAKASSAR.

[img] Text
Artikel-Dian Munawarah.pdf

Download (523kB)

Abstract

DIAN MUNAWARAH, 2023. Pengembangan Media Bimbingan Permainan Ular Tangga untuk Mencegah Perilaku Bullying di SD Telkom Makassar. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Farida Aryani dan Akhmad Harum) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bullying di tingkat sekolah dasar. Salah satu upaya mencegah bullying yakni memberi pemahaman mengenai bahaya bullying, mendidik dan membangun perilaku positif pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) Mengetahui gambaran kebutuhan media permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying di SD Telkom 2) Mengetahui Prototipe media Permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying 3) Menghasilkan media yang valid untuk mencegah perilaku bullying yang valid 4) Menghasilkan media permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying yang praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan ADDIE namun pada penelitian ini sampai pada tahap keempat yakni: 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pedoman wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Siswa menunjukkan indikasi perilaku bullying fisik, verbal, relasional. Pelaku merupakan kelompok teman sebaya yang memiliki ciri merasa paling benar, senang mencari perhatian dan membeda�bedakan teman (2) Media permainan ular tangga yang mencakup boardgame, e�panduan, kartu dan dadu (3) Tingkat validitas dari media permainan ular tangga setelah melalui uji validitas dinyatakan telah valid, berdasarkan uji validasi ahli materi dengan hasil sebesar 90% dengan kriteria sangat valid. Uji validasi ahli media memperoleh hasil 89% dengan kriteria sangat valid dan untuk kepraktisan media setelah melalui uji coba kepraktisan memperoleh hasil sebesar 87% dengan kriteria sangat praktis, serta penilaian oleh siswa memperoleh hasil sebesar 89% dengan kriteria baik sehingga berdasarkan penilaian yang telah dilakukan media Permainan Ular Tangga untuk mencegah bullying layak untuk diuji cobakan secara luas. Kata Kunci: Bullying, Media Permainan Ular Tangga, Pencegahan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:42
Last Modified: 09 Aug 2024 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35871

Actions (login required)

View Item View Item