RAHMAT SIALA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN STRIP STORY SEBAGAI LAYANAN INFORMASI UNTUK PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING SISWA DI SD INPRES ISOKA.
Text
Jurnal - Rahmat Siala.pdf Download (423kB) |
|
Text
Jurnal - Rahmat Siala.pdf Download (423kB) |
Abstract
RAHMAT SIALA. 2024. Pengembangan Media Bimbingan Strip Story Sebagai Layanan Informasi untuk Pencegahan Perilaku Bullying Siswa di SD Inpres Isoka. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Abdullah Pandang dan Akhmad Harum). Penelitian ini mengembangkan media bimbingan strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa yang berangkat dari kurangnya pemahaman siswa tentang informasi bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Gambaran kebutuhan siswa terhadap media Bimbingan Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka; 2) Bentuk prototype media Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka; 3) Tingkat validitas dari media Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka; 4) Tingkat kepraktisan dari media Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu model penelitian pengembangan yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa SD Inpres Isoka memiliki pemahaman yang rendah tentang bullying sehingga dibutuhkan media seperti media strip story untuk mendukung pelaksanaan layanan informasi bullying; 2) Prototipe media strip story terdiri dari materi tentang bullying, meliputi: definisi bullying, jenis-jenis bullying, dampak bullying dan kiat-kiat menghindari bullying serta produk berupa media strip story dan buku panduan.; 3) Penilaian media strip story dilakukan oleh ahli materi diperoleh persentase 87,5% (sangat valid). Penilaian oleh ahli media memperoleh persentase 95% (sangat valid). 4) Penilaian oleh guru/wali kelas diperoleh nilai dari ketiga aspek yaitu kegunaan kelayakan, dan ketepatan dengan total persentase yang didapat sebesar 90,62% dengan kriteria sangat valid dan penilaian oleh siswa memperoleh hasil dengan persentase 92,38% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya, tingkat validitas dari media strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying dinyatakan telah valid untuk digunakan siswa. Dan kepraktisan dari media strip story dinyatakan telah praktis sesuai dengan hasil uji praktisi yang dilakukan oleh guru SD Inpres Isoka sehingga media layak untuk diuji cobakan secara luas.. Kata Kunci: Bullying, Strip story, Layanan Informasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 02:29 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35868 |
Actions (login required)
View Item |