PENGGUNAAN TEKNIK POSITIV SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI

Fitria Ramadhani. R (2024) PENGGUNAAN TEKNIK POSITIV SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI.

[img] Text
Jurnal Fitria (1).pdf

Download (454kB)

Abstract

Fitria Ramadhani. R, 2023. Penggunaan Teknik positive self-talk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai. Skirpsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd, M.Pd). Penelitian ini menelaah penggunaan Teknik positive self-talk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah di berikan Teknik positive self-talk?. (2) Bagaimana gambaran penerapan positive self-talk?. (3) apakah teknik positive self-talk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa du SMA Negeri 1 Sinjai?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah di berikan Teknik positive self-talk (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan positive self-talk (3) Untuk mengetahui Teknik positive self-talk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen model quasi eksperimen control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 16 orang yang terbagi menjadi 8 orang siswa dalam satu kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok control. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis data statistic deskriptif dan analisis data statistic inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) motivasi belajar sebelum diberikan teknik self-talk berada kategori tinggi. (2) penggunaan teknik positive self-talk dilakukan sesuai scenario yaitu 4 kali pertemuan. (3) penggunaan teknik positive self-talk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 16 melalui uji-t paired sample test parametric mendapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan pengambilan keputusan dalam penelitian ini yaitu H0 di tolak dan Ha diterima karena nilai sig. (2- tailed) < dari ½ α atau 0,025, dengan demikian hipotesis Ha berbunyi Teknik positive self-talk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Kata kunci : Motivasi Belajar, Positive self-talk

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:42
Last Modified: 15 Jul 2024 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35828

Actions (login required)

View Item View Item