PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MEREDUKSI PERILAKU SOCIAL LOAFING SISWA DI SMA NEGERI 17 BONE

MUH. AKBAR (2024) PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MEREDUKSI PERILAKU SOCIAL LOAFING SISWA DI SMA NEGERI 17 BONE.

[img] Text
Jurnal Muh. Akbar.pdf

Download (988kB)

Abstract

MUH. AKBAR, 2023. Penerapan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mereduksi Perilaku Social loafing Siswa di SMA Negeri 17 Bone. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mereduksi Perilaku Social loafing Siswa di SMA Negeri 17 Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dan menggunakan desain penelitian true eksperimental design untuk mengetahui perbandingan antara kelompok eksperimen yang diberikan intervensi berupa konseling REBT dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan konseling REBT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 17 Bone yang teridentifikasi mengalami perilaku social loafing sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan statistic parametric melalui uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan: (1) Bentuk perilaku social loafing yang ada di SMA Negeri 17 Bone sebelum diberikan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) berada pada kategori tinggi dan setelah diberikan konseling menjadi kategori sedang dan rendah. (2) Pelaksanaan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) pada siswa kelompok eksperimen dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan pada 10 siswa, sedangkan kelompok kontrol hanya dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan. (3) Penerapan teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dapat mengurangi perilaku sosial loafing siswa di SMA Negeri 17 Bone. Kata Kunci: Social loafing, Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:30
Last Modified: 12 Jul 2024 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35824

Actions (login required)

View Item View Item