PENGEMBANGAN BUKU JUJUR DALAM BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 67 DULANG

Febriani S. (2024) PENGEMBANGAN BUKU JUJUR DALAM BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 67 DULANG.

[img] Text
Artikel Febriani S.pdf

Download (556kB)

Abstract

Febriani S. 2023. Pengembangan Buku Jujur Dalam Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Sikap Jujur Siswa Kelas V di SD Negeri 67 Dulang. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd, dan Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan pengembangan buku jujur dalam bibliokonseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan buku jujur dalam bibliokonseling untuk meningkatkan sikap jujur siswa, (2) Prototype pengembangan buku jujur dalam bibliokonseling, (3) Tingkat validasi dari pengembangan buku jujur dalam bibliokonseling, (4) Tingkat kepraktisan dari pengembangan buku jujur dalam bibliokonseling. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi oleh peneliti dari 10 menjadi 7 tahapan pengembangan. Adapun ketujuh tahapan tersebut yaitu, riset awal dan pengembangan informasi, perencanaan pengembangan, pengembangan bentuk awal produk, validasi ahli, revisi produk tahap 1, uji coba lapangan (kelompok kecil). Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 67 Dulang sebanyak 20 orang dan untuk uji coba kelompok kecil sebanyak 20 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa membutuhkan media untuk meningkatkan sikap jujur, akan tetapi belum tersedia media dilingkungan sekolah. (2) Prototype buku jujur dikemas dalam bentuk cetakan yang terdiri dari 3 bagian. Bagian awal materi mengenai bibliokonseling, materi mengenai sikap jujur, bagian inti mengenai topik dan cerita. Ada tiga topik dimana setiap topik dilengkapi dua cerita. Topik 1 jujur dalam niat judul cerita yaitu jujur di sekolah menbawa nikmat dan saat ketahuan menyontek, topik 2 jujur dalam perkataan judul cerita yaitu kejujuran wina dan akibat menyontek, topik 3 jujur dalam perbuatan judul cerita yaitu ini uang siapa? dan dilarang menyontek, dan bagian akhir yang berisi lembar evaluasi dan penutup. (3) Buku jujur yang dikembangkan telah valid. (4) Buku jujur yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat praktis berdasarkan uji ahli dan uji kelompok kecil. Sehingga buku jujur ini dinyatakan layak diuji cobakan secara luas. Kata kunci : Bibliokonseling, sikap jujur, buku juju

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:27
Last Modified: 12 Jul 2024 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35823

Actions (login required)

View Item View Item