Asti, Rey Minajaya and Muhammad, Syahrir and Jusniar, Jusniar (2024) Pengaruh Media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 SIOTAPINA (Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid). Pengaruh Media KOKAMI (Kotak Kartu Misteri) dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 SIOTAPINA (Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid), 5 (1). pp. 68-76. ISSN 2808-1218
Text
artikel_Pengaruh Media KOKAMI.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media KOKAMI dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Siotapina pada materi pokok sistem koloid. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA dengan jumlah 3 (tiga) kelas yang terdiri dari 67 orang. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 24 orang dan XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebanyak 25 item yang telah di validasi ahli dan validasi item untuk memperoleh data hasil belajar. Analisis data statistik inferensial dilakukan dengan uji Mann-Whitney karena data tidak terdistribusi normal. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Zhitung > Ztabel (6,60 > 1,64). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media KOKAMI dalam Model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA SMAN 1 Siotapina pada materi pokok sistem koloid.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOKAMI, Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | FMIPA > KIMIA - (S1) FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Syahrir G |
Date Deposited: | 15 Jun 2024 06:29 |
Last Modified: | 15 Jun 2024 06:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35562 |
Actions (login required)
View Item |