PENGEMBANGAN MEDIA PSIKOEDUKASI AKU DAN DIRIKU UNTUK GURU DI UPT SPF SD NEGERI 32 BARABBA

Hilda Suci Ramadhani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PSIKOEDUKASI AKU DAN DIRIKU UNTUK GURU DI UPT SPF SD NEGERI 32 BARABBA.

[img] Text
Hilda_Suci_Ramadhani_1844042057_Artikel_Ilmiah_Skripsi_Psikologi_Pendidikan__Dan__Bimbingan (Edit).pdf

Download (470kB)

Abstract

Hilda Suci Ramadhani. 2022. Pengembangan Media Psikoedukasi Aku dan Diriku Untuk Guru di UPT SPF SD Negeri 32 Barabba. skripsi. Dibimbing oleh “Dr. Faridah Ariyani, S.Pd., M.Pd., dan Nur Fadillah Umar, S.Pd., M.Pd.”. program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan pengembangan media psikoedukasi aku dan diriku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran pengembangan media psikoedukasi aku dan diriku Untuk Guru, (2) prototype pengembangan media psikoedukasi aku dan diriku untuk guru, (3) Tingkat validasi dan kepraktisan dari pengembangan media psikoedukasi aku dan diriku untuk guru. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi dari 10 tahapan pengembangan menjadi 7 tahapan. Adapun ketujuh tahapan tersebut yaitu, riset awal dan pengumpulan informasi, perencanaan pengembangan, pengembangan bentuk awal produk, validasi ahli, revisi produk tahap 1, uji coba lapangan (kelompok kecil) dan revisi produk 2 (produk akhir). Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VI di UPT SPF SD Negeri 32 Barabba sebanyak 19 orang dan untuk uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) 36,8% peserta didik yang mengisi angket tidak mendapatkan pendidikan seks khususnya kekerasan seksual dan media psikoedukasi aku dan diriku dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan layanan terkait pendidikan seks bagi peserta didik di SD, (2) Prototype media psikoedukasi aku dan diriku terdiri dari 10 tampilan utama, yaitu halaman sampul, prakata dan daftar isi, tujuan umum dan petunjuk umum, rencana pelaksanaan dan prosedur pelaksanaan layanan, lembar pre-test, biodata peserta didik, isi materi, permainan teka-teki silang, lembar evaluasi post test dan daftar isi, biodata penyusun dan sampul akhir. (3) Tingkat validitas dan kepraktisan dari media psikoedukasi aku dan diriku setelah melakukan uji validasi dinyatakan telah valid, berdasarkan hasil uji validasi ahli media dengan hasil 85% yang berarti sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik, ahli media sebesar 96% yang berarti dari segi grafis teks dan permainan sudah sangat baik dan untuk kepraktisan media setelah melalui uji coba kepraktisan dinyatakan praktis dengan hasil sebesar 85%, serta telah diuji coba lapangan oleh 10 orang peserta didik diperoleh dari hasil dengan kriteria sangat valid sehingga media psikoedukasi aku dan diriku dinyatakan layak untuk di uji cobakan secara luas. Kata kunci : Psikoedukasi, pendidikan seks, buku psikoedukasi aku dan diriku

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:14
Last Modified: 14 Jun 2024 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35530

Actions (login required)

View Item View Item