PROBLEMATIKA KEPERCAYAAN DIRI RENDAH SISWA DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 PANGKEP)

Eka Srijayarni (2024) PROBLEMATIKA KEPERCAYAAN DIRI RENDAH SISWA DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 PANGKEP).

[img] Text
Eka_Srijayarni_Artikel_Ilmiah_Skripsi_1744040028_Bimbingan_dan_Konseling.pdf

Download (621kB)

Abstract

Eka Srijayarni. 2023. Problematika Kepercayaan Diri Rendah Siswa dan Penanganannya (Studi kasus Pada Siswa SMA Negeri 1 pangkep). Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang., M.Pd, dan Dr. Suciani Latif, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini membahas tentang problematika kepercayaan diri rendah siswa di SMA Negeri 1 Pangkep. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran kepercayaan diri pada siswa berinisial AZ di SMA Negeri 1 Pangkep. (2) Faktor penyebab munculnya kepercayaan diri rendah di SMA Negeri 1 Pangkep. (3) Upaya penanganan kepercayaan diri rendah pada siswa berinisial AZ di SMA Negeri 1 Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Pengumpulan data instrument melalui wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran masalah kepercayaan diri siswa yang dialami oleh siswa kasus AZ seperti, menarik diri dari teman-teman disekitarnya, takut menjawab pertanyaan dari gurunya saat kegiatan belajar mengajar dan gugup saat melakukan presentasi didepan kelas. (2) Faktor�faktor yang mempengaruhi masalah kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Pangkep yaitu faktor internal meliputi perasaan tidak dibutuhkan oleh teman�temannya, merasa bahwa dirinya tidak lebih baik dari orang lain, pengalaman masa lalu yang diperlakukan tidak baik, merasa takut menjawab pertanyaan dari guru karena merasa akan diejek oleh temannya ketika jawabannya salah. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor teman sebaya ketika berada di bangku sekolah dasar yang diperlakukan tidak adil oleh teman sekelasnya sehingga sampai saat ini menarik diri dari orang disekitarnya. (3) Intervensi yang di gunakan untuk mengatasi kepercayaan diri rendah adalah dengan pemberian konseling Cognitive Behavior Therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif. Setelah pemberian teknik restruktuirisasi kognitif kepada siswa AZ di SMA Negeri 1 Pangkep masalah kepercayaan dirinya mulai berkurang. Hal ini menunjukkan teknik restrukrurisasi kognitif efektif untuk mengurangi masalah kepercayaan diri rendah. Kata Kunci: kepercayaan rendah diri, Restrukturisasi kognitif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:59
Last Modified: 13 Jun 2024 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35523

Actions (login required)

View Item View Item