Penerapan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAS Guppi Samata

Aswar Munandar (2024) Penerapan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAS Guppi Samata.

[img] Text
Jurnal Aswar Munandar.pdf

Download (37kB)

Abstract

Aswar Munandar, 2023. Penerapan Teknik Cognitive Defusion Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAS Guppi Samata. Skripsi Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas, M.Si dan Akhmad Harum S.Pd, M.Pd. Penelitian ini menelaah penerapan teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata, (2) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata, (3) untuk mengetahui penerapan teknik cognitive defusion dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang teridentifikasi kepercayaan dirinya sebanyak 24 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa menggunakan tekniksimple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis data inferensial menggunakan program SPSS v.25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gambaran tingkat kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata setelah menerima layanan teknik cognitive defusion berada pada kategori tinggi, (2) gambaran pelaksanaan teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata dilakukan dengan 5 tahapan yaitu rasional perlakuan, pelatihan defusion, identifikasi pikiran negatif, defusion pikiran negatif dan evaluasi tindak lanjut, (3) penerapan teknik cognitive defusion secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS v.25 melalui iji independent sample t test diperoleh nilai. (2-tailed) = 0,000. Berarti nilai signifikansi hitung 0,000 < α 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, maka kesimpulannya adalah penerapan teknik cognitive defusion dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa MAS Guppi Samata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:31
Last Modified: 23 Feb 2024 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35232

Actions (login required)

View Item View Item