Penerapan Teknik Reframing Untuk Mengurangi Body Image Negatif Pada Siswa SMAN 4 Bantaeng

Nurfadilah Qurani (2024) Penerapan Teknik Reframing Untuk Mengurangi Body Image Negatif Pada Siswa SMAN 4 Bantaeng.

[img] Text
Jurnal Dilqurrr.pdf

Download (527kB)

Abstract

Nurfadilah Qurani, 2023. Penerapan Teknik Reframing Untuk Mengurangi Body Image Negatif Pada Siswa SMAN 4 Bantaeng. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M. Pd., dan Dr. Sahril Buchori, M. Pd) Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah body image negatif pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Body image pada siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMAN 4 Bantaeng, (2) Penerapan teknik reframing pada siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMAN 4 Bantaeng, (3) Penerapan teknik reframing dalam mengurangi body image negatif pada siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMAN 4 Bantaeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, dan guru BK. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 responden yang terbagi menjadi dua, yaitu 8 responden untuk kelompok eksperimen dan 8 responden untuk kelompok kontrol. Bentuk desain yang digunkan dalam penelitian ini adalah non�equivalent control group design. Teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) body image negatif siswa sebelum diberikan teknik reframing berada pada kategori tinggi sehingga setelah diberikan teknik reframing, body image negatif berkurang/menurun, (2) pelaksanaan teknik reframing dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahap yaitu, rasional, identifikasi persepsi, mengurangi peran fitur-fitur terpilih, identifikasi persepsi alternatif, modifikasi persepsi dalam situasi masalah serta pekerjaan rumah. Selama pelaksanaan teknik reframing partisipasi siswa berada pada kategori tinggi, (3) sebelum dan sesudah diterapkan teknik reframing ada perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Body image negatif siswa lebih tinggi ketika tidak diberikan treatment dibandingkan dengan tingkat body image negatif siswa setelah diberikan treatment berkurang diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik reframing untuk mengurangi body image negatif pada siswa SMAN 4 Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 05:56
Last Modified: 13 Feb 2024 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35190

Actions (login required)

View Item View Item