Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management untuk mengurangi kebiasaan Siswa Yang Sering Terlambat Ke Sekolah Di SMAN 3 Anggeraja

Nurul Alfiah (2024) Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management untuk mengurangi kebiasaan Siswa Yang Sering Terlambat Ke Sekolah Di SMAN 3 Anggeraja.

[img] Text
Jurnal_Nurul Alfiah.pdf

Download (838kB)

Abstract

Nurul Alfiah, 2023. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management untuk mengurangi kebiasaan Siswa Yang Sering Terlambat Ke Sekolah Di SMAN 3 Anggeraja. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Prodi Bimbingan dan Konseling. (dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. Abdullah Sinring, M.Pd) Penelitian ini menelaah penerapan teknik self management untuk mengurangi kebiasaan terlambat siswa di SMPN 3 Anggeraja. Tujuan peneliti ini Untuk mengetahui 1) gambaran perilaku terlambat datang kesekolah di SMPN 3 Anggeraja sebelum dan setelah diterapkan teknik self management, 2) Untuk mengetahui Penerapan Pelaksanaan Teknik self management dalam mengatasi siswa yang sering terlambat datang ke sekolah di SMPN 3 Anggeraja, 3) Untuk mengetahui penerapan teknik self management dapat mengatasi perilaku terlambat datang ke sekolah di SMPN 3 Anggeraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi experimental design. Desain eksperimen yang digunakan adalah non equivalent group desain. Populasi penelitian ini sebanyak 30 siswa dan sampel penelitian ini adalah sebanyak 24 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 12 siswa. Penarikan sampel dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala perilaku terlambat siswa dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametric yaitu uji t-tets. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Perilaku terlambat siswa saat pretest pada kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi saat posttest mengalami penurun berada pada kategori sedang. Sedangkan kelompok kontrol tetap pada kategori sedang. 2) Pelaksanaan teknik self management dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang yaitu identifikasi masalah dengan tahapan-tahapan monitoring atau observasi diri, evaluasi diri, penguatan penghapusan atau hukuman serta evaluasi tindak lanjut. 3) Uji t-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan perlakuan teknik self management dan yang tidak diberikan perlakuan. Dari hasil analisis diketahui terdapat penurunan tingkat perilaku terlambat pada siswa yang diberikan teknik self management dimana diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α dengan demikian hipotesis (Ho) dinyatakan ditolak dan menerima hipotesis kerja (H1). Artinya, penerapan teknik self management dapat mengatasi perilaku terlambat ke sekolah di SMPN 3 Anggeraja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:00
Last Modified: 13 Feb 2024 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35175

Actions (login required)

View Item View Item