Pendekatan Konseling Teknik Self Management untuk Kesulitan Mengatur Waktu Belajar di SMA Negeri 5 Enrekang.

Selfi Fatimah Marses (2024) Pendekatan Konseling Teknik Self Management untuk Kesulitan Mengatur Waktu Belajar di SMA Negeri 5 Enrekang.

[img] Text
JURNAL_SELFI FATIMAH MARSES_1944041027.pdf

Download (895kB)

Abstract

Selfi Fatimah Marses, 2023. Pendekatan Konseling Teknik Self Management untuk Kesulitan Mengatur Waktu Belajar di SMA Negeri 5 Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat kesulitan mengatur waktu belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Gambaran kesulitan mengatur waktu belajar siswa 2) Pelaksanaan teknik self management 3) Penerapan teknik Self Management dapat mengatasi kesulitan mengatur waktu belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan model quasi experimental design. Desaian eksperimen yang digunakan adalah non-equivalen control group design, dengan menggunakan skala likert 1-4. Populasi penelitian ini sebanyak 30 siswa dan sampel penelitian sebesar 24 siswa tang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing�masing berjumlah 12 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportionate strafied random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kesulitan mengatur waktu belajar dan observasi. Analisis data menggunakan analisis stastistic deskriptif dan analisis parametric yaitu uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat kesulitan Mengatur Waktu Belajar saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori tinggi. Pada saat posttest, tingkat kesulitan mengatur waktu belajar siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah, dan kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan teknik self management dilaksanakan sesuai prosedur yang sudah dirancang yaitu identifikasi masalah (analisis ABC), goal setting, serta self monitoring, menerapkan teknik self contacting dan self reward atau self reinforcement, self control dan mengarahkan siswa untuk melakukan kontrol diri dengan menuliskan hambatan yang dialami dan yang terakhir evaluasi 3) Uji t-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan perlakuan teknik self management dan yang tidak diberikan perlakuan. Dari hasil analisis diketahui terdapat penurunan tingkat kesulitan mengatur waktu belajar pada siswa yang diberikan teknik self management dimana diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α dengan demikian hipotesis (Ho) dinyatakan ditolak dan menerima hipotesis kerja (H1). Artinya, penerapan teknik self management dapat mengatasi kesulitan mengatur waktu belajar di SMA Negeri 5 Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:55
Last Modified: 13 Feb 2024 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35174

Actions (login required)

View Item View Item