Penerapan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik di SMA Negeri 7 Pinrang.

Yustika (2024) Penerapan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik di SMA Negeri 7 Pinrang.

[img] Text
JURNAL UPLOAD YUSTIKA.pdf

Download (556kB)

Abstract

Yustika, 2022. Penerapan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik di SMA Negeri 7 Pinrang. Skripsi, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si, dan Dr. Suciani Latif, M.Pd) Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran prokrastinasi akademik siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik self-management. (2) Gambaran pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self-management. (3) Penerapan teknik self-management untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design dan menggunakan bentuk desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 58 siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Pinrang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Sampel penelitian ini adalah 24 siswa yang dibagi dua kelompok, 12 siswa kelompok eksperimen dan 12 siswa kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat prokrastinasi akademik saat pretest pada kedua kelompok berada pada kategori tinggi, kemudian pada saat posttest, kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah dan kelompok kontrol memiliki perubahan tidak signifikan, (2) penerapan teknik self�management dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu, self-monitoring, self�contracting, self, control, dan self-reward (3) Diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai Asymp Sig = 0,018< α 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik self-management dapat mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 7 Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:51
Last Modified: 13 Feb 2024 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35173

Actions (login required)

View Item View Item