Pengembangan Media Spinning wheel Sebagai Layanan Informasi Untuk Pengenalan Karir Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tinggimoncong

FAIJA HERIANI (2024) Pengembangan Media Spinning wheel Sebagai Layanan Informasi Untuk Pengenalan Karir Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tinggimoncong.

[img] Text
jurnal faija heriani.pdf

Download (725kB)

Abstract

FAIJA HERIANI, 2022. “Pengembangan Media Spinning wheel Sebagai Layanan Informasi Untuk Pengenalan Karir Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tinggimoncong. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring M.Pd dan Dr. Abdullah Pandang, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dam Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengembangkan media permainan spinning wheel berbasis pengenalan karir dilakukan penulis berdasarkan potensi dan masalah yang ada di sekolah yakni perlu adanya inovasi pembaharuan media yang digunakan di sekolah pada saat proses pengenalan karir. Penelitian ini bertujuan bagaimana mengembangkan media spinning wheel berbasis pengenalan karir dan menghasilkan media yang valid, praktis, efektif, dan responsif. Adanya media diharapkan dapat sangat membantu proses bimbingan disekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengembangkan media spinning wheel dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP 1 Tinggngomcong. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli praktisi serta responden (siswa) untuk melihat kelayakan dari media yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media spinning wheel yang dikembangkan oleh peneliti telah valid dan praktis digunakan dalam pemberian layanan bimbingan konseling yang terkhusus pada bimbingan karir ditingkat Sekolah Menengah Perta di SMP Negeri 1 Tinggimoncong

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:46
Last Modified: 13 Feb 2024 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35172

Actions (login required)

View Item View Item