Teach-Smart: Panduan Digital Anti Mikroagresi Guru Berbasis Metode Emphatic Value Clarification Pencegah Tindakan Bias Gender di SD Kota Makassar

Muhammad Rafli (2024) Teach-Smart: Panduan Digital Anti Mikroagresi Guru Berbasis Metode Emphatic Value Clarification Pencegah Tindakan Bias Gender di SD Kota Makassar.

[img] Text
3. Artikel Teach Smart Mikroagresi_Muhammad Rafli.pdf

Download (415kB)

Abstract

Muhammad Rafli, 2023, Teach-Smart: Panduan Digital Anti Mikroagresi Guru Berbasis Metode Emphatic Value Clarification Pencegah Tindakan Bias Gender di SD Kota Makassar. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing Dr. Suciani Latif, M.Pd dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan digital berbasis komunikasi empatik untuk mencegah mikroagresi guru yang disebabkan oleh ketidakadilan gender. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian pengembangan melalui model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement�Evaluate). Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar (SD) di kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling melalui rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 101 guru SD. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari skala the gendered racial microaggressions scale yang diadaptasi dari Lewis dan Neville tahun 2015, skala faktor-faktor mikroagresi, skala analisis kebutuhan program, instrumen uji ahli media dan uji ahli bimbingan konseling, serta adaptasi skala perilaku mikroagresi yang dikembangkan oleh Crowford et al tahun 2021. Penelitian ini menggunakan tiga jenis analisis yaitu analisis model (SEM) untuk uji faktor-faktor mikroagresi dengan bantuan aplikasi SmartPLS, analisis deskriptif untuk menguji bentuk�bentuk mikroagresi guru menggunakan aplikasi JASP, dan analisis inferensial berupa uji-t untuk menguji keefektifan panduan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk mikroagresi yang paling sering terjadi adalah mikroagresi yang disebabkan oleh bias gender khususnya aspek stereotip dan diskriminasi, serta aspek etnis. Selain itu, mikroagresi disebabkan oleh dua faktor yaitu internal (multicurtural awareness), dan faktor eksternal (teman sejawat, keluarga budaya dan media social); (2) Hasil need assessment menunjukkan bahwa guru sangat membutuhkan panduan digital Teach-Smart; (3) Panduan Digital Teach Smart memenuhi kriteria kevalidan kegunaan, kelayakan, ketepatan dan isi materi berdasarkan hasil penilaian ahli bimbingan dan konseling dan ahli media pembelajaran. Hasil uji keefektifan produk melalui eksperimen menunjukkan panduan dapat menurunkan perilaku mikroagresi guru yang disebabkan bias gender. Teach-Smart sebagai solusi dasar menjadi media pelatihan implementatif yang friendly dalam penggunaanya yang terfokus pada penataan dunia akademik yang lebih positif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:07
Last Modified: 31 Jan 2024 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35093

Actions (login required)

View Item View Item