Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Self efficacy Siswa SMP Negeri 2 Pangsid

Nuralya Amir (2024) Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Self efficacy Siswa SMP Negeri 2 Pangsid.

[img] Text
JURNAL NURALYA AMIR.pdf

Download (792kB)

Abstract

Nuralya Amir, 2023. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Self efficacy Siswa SMP Negeri 2 Pangsid. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Sulaiman Samad dan prof. Dr. Abdullah Pandang. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan self-efficacy siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) gambaran tingkat self-efficacy siswa sebelum dan setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik 2) gambaran penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik 3) apakah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan self-efficacy siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi experimental. Populasi penelitian ini 50 orang dan sampel sebanyak 12 orang dan terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 6 orang dan kelompok kontrol 6 orang. Teknik yang digunakan pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-efficacy siswa dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan perhitungan uji independent sample t-test menggunakan program SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat self-efficacy siswa pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok control berada pada kategori rendah. Padaat postest tingkat self-efficacy siswa pada kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi sedangkan kelompok control tetap berada kategori rendah. 2) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik dilaksanakan 4 kali pertemuan secara bertahap, pertama tahap pembentukan, kedua tahap peralihan, ketiga tahap kegiatan (rasionalisasi treatment, memberi contoh, praktek/Latihan, tugas rumah/evaaluasi), keempat tahap pengakhiran. 3) penrapan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan self-efficacy siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pangsid.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:02
Last Modified: 31 Jan 2024 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35092

Actions (login required)

View Item View Item