Pengaruh Teknik Self-management Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Datang Ke Sekolah Pada Siswa SMP Negeri 2 Bajeng Barat

Wilka Hurul Aini (2024) Pengaruh Teknik Self-management Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Datang Ke Sekolah Pada Siswa SMP Negeri 2 Bajeng Barat.

[img] Text
Wilka Hurul Aini_1944040014_Artikel Ilmiah Skripsi_Bimbingan dan Konseling.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wilka Hurul Aini. 2023. Pengaruh Teknik Self-management Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Datang Ke Sekolah Pada Siswa SMP Negeri 2 Bajeng Barat. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. dan Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. Penelitian ini berupaya menyajikan pengaruh teknik self-management dalam mengatasi perilaku terlambat datang ke sekolah pada siswa SMP Negeri 2 Bajeng Barat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku datang terlambat ke sekolah siswa SMP Negeri 2 Bajeng Barat sebelum penerapan dan sesudah penerapan teknik self-management, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan teknik self-management dalam mengatasi perilaku terlambat datang ke sekolah pada siswa SMP Negeri 2 Bajeng Barat, (3) Untuk mengetahui pengaruh teknik self-management dalam mengatasi perilaku terlambat datang ke sekolah pada siswa SMP Negeri 2 Bajeng Barat. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Eksperimental, dengan model kuasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa yang teridentifikasi. Sampel penelitian ini sebanyak 12 siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran awal siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMP Negeri 2 Bajeng Barat memiliki tingkat perilaku datang terlambat yang tinggi. Setelah penerapan konseling kelompok dengan self-management, siswa kelompok eksperimen menunjukkan gambaran penurunan perilaku terlambat dengan kategori sangat rendah, sementara pada kelompok kontrol menunjukkan adanya penurunan tetapi masih menggambarkan variasi perilaku datang terlambat yang tinggi. (2) Pelaksanaan teknik self-management dilaksanakan selama 7 kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yakni 1) Tahap Pembentukan, 2) Tahap Peralihan, 3) Tahap Kegiatan, meliputi pemantauan diri (self monitoring), kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri (self contracting), self reward, penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control), 4) Tahap pengakhiran. Selama penerapan teknik self�management, siswa menunjukkan keaktifan yang sangat tinggi (3) Penerapanteknik self-management berpengaruh secara siginifikan dalam mengatasi perilaku datang terlambat siswa pada siswa VIII SMP Negeri 2 Bajeng Barat. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan teknik self-management dapat menjadi alat efektif dalam mengatasi masalah perilaku terlambat datang sehingga membawa implikasi positif dalam upaya meningkatkan disiplin siswa di sekolah ini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:55
Last Modified: 31 Jan 2024 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35091

Actions (login required)

View Item View Item