Nur Wahyuni (2024) Pengembangan Media Bimbingan Konseling Career Cards Untuk Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Siswa SMP Negeri 51 Makassar.
Text
Jurnal_ Nur Wahyuni.pdf Download (936kB) |
Abstract
Nur Wahyuni.2023. Pengembangan Media Bimbingan Konseling Career Cards Untuk Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Siswa SMP Negeri 51 Makassar. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd. dan Akhmad Harum, S.Pd. M.Pd.; Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media career cards berbasis layanan informasi karir dilakukan penulis berdasarkan potensi dan masalah yang ada disekolah yakni perlu adanya inovasi pembaharuan media yang digunakan disekolah pada proses pemberian layanan informasi karir. Penelitian ini bertujuam bagaimana mengembangkan media career cards berbasis layanan informasi karir dan menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif, dan responsif. Adanya media diharapkan dapat membantu proses bimbingan karir di sekolah. Untuk mencapai tujuan penulis mengembangkan media career cards dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah: 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data,3) desain produk,4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII cemara SMP Negeri 51 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti, instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli praktisi serta responden (siswa) untuk melihat kelayakan dari media yang dikembangkan .Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini siswa kelas VII Cemara menunjukkan bahwa: 1) gambaran kebutuhan media permainan career cards untuk meningkatkan pemahaman perencanaan karir siswa. Hasil penelitian gambaran kebutuhan siswa dapat dilihat data angket kepada siswa kelas VII dan menunjukan bahwa minimnya pelaksanaan layanan informasi karir bagi peserta didik; 2) gambaran prototype media permainan career cards dalam meningatkan pemahaman perencanaan karir siswa; 3) gambaran Uji validitas media career cards dalam meningkatkan pemahaman perencanaan karir siswa media career cards yang dikembangkan oleh peneliti telah valid ahli materi 85% , ahli media 91,5%;4) Uji praktisi 95%, uji kelompok kecil 89,5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa media career cards telah valid dan dapat digunakan dalam pemberian layanan bimbingan konseling yang terkhusus pada bimbingan karir di SMP Negeri 51 Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 02:50 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 02:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35090 |
Actions (login required)
View Item |