Ayu Indah Lestari. (2024) Analisis Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 8 Jeneponto (Studi Kasus di SMK Negeri 8 Jeneponto).
Text
Jurnal Ilmiah_Ayu Indah Lestari_1744042003 (1).pdf Download (846kB) |
Abstract
Ayu Indah Lestari. 2022. Analisis Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 8 Jeneponto (Studi Kasus di SMK Negeri 8 Jeneponto). Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang., M. Pd, dan Drs. Muhammad Anas, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus pada perilaku menyontek pada siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Jeneponto. Fokus penelitian ini adalah: 1) Gambaran perilaku sehari-hari perilaku menyontek pada siswa RS di SMK Negeri 8 Jeneponto. (2) Apa saja faktor yang menyebabkan perilaku menyontek pada siswa RS di SMKNegeri 8 Jeneponto. (3) Apa teknik konseling yang digunakan dalam upaya penanganan perilaku menyontek terhadap kasus siswa RS di SMK Negeri 8 Jeneponto. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan data primer dan sekunder, dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran perilaku menyontek yang dialami oleh siswa kasus berinisial RS di SMK Negeri 8 Jeneponto meliputi sakit kepala, tidak percaya diri, kecemasan berlebihan dan bergantung pada orang lain. (2) Faktor-faktor yang memperngaruhi perilaku menyontek yaitu faktor internal dan faktor eksternal. (3) Upaya yang dapat dilakukan terhadap subjek yang mengalami perilaku menyontek adalah dengan pemberian teknik kontrak perilaku untuk mengurangi perilaku menyontek siswa kasus berinisial RS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 02:45 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 02:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35089 |
Actions (login required)
View Item |