Pengaruh Kegiatan Self Healing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinoa

SRI WAHYUNI M (2024) Pengaruh Kegiatan Self Healing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinoa.

[img] Text
JURNAL KONSELING (SRI WAHYUNI M) PPB FIP UNM.pdf

Download (272kB)

Abstract

SRI WAHYUNI M. 2023. Pengaruh Kegiatan Self Healing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinoa. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si dan Dr. Abdullah Sinring M.Pd. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Unuversitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah terkait penerapan kegiatan Self Healing terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sinoa, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan Self Healing untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan Self Healing terhadap motivasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen desain, jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-experiment desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sinoa yang berjumlah 58 orang siswa, kemudian sampel yang digunakan yaitu 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisi statistik non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Sinoa sebelum diterapkan kegiatan Self Healing berada pada kategori rendah, akan tetapi setelah diberikan kegiatan Self Healing tingkat motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tinggi. (2) Pelaksanaan kegiatan Self Healing dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas empat tahap dan berjalan sesuai dengan skenario yaitu, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan terdiri atas kegiatan meditasi atau relaksasi, yakin terhadap diri sendiri, melakukan kegiatan yang lebih positif, dan melakukan curah pendapat, serta tahap pengakhiran (Terminasi). (3) Penerapan kegiatan Self Healing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Sinoa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:42
Last Modified: 22 Jan 2024 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item View Item