Analisis Perilaku Off-Task dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 1 Siswa di MTsN 4 Bone). Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

NURUL ILMI (2024) Analisis Perilaku Off-Task dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 1 Siswa di MTsN 4 Bone). Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL NURUL ILMI_1944040024.pdf

Download (1MB)

Abstract

NURUL ILMI, 2023, Analisis Perilaku Off-Task dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 1 Siswa di MTsN 4 Bone). Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dr. Suciani Latif, M.Pd dan Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd. Penelitian ini menganalisis tentang perilaku off-task dan penanganannya terhadap 1 siswa di MTsN 4 Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran terkait dengan bentuk-bentuk perilaku off-task pada subjek SA di MTsN 4 Bone, (2) Faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku off-task pada subjek SA di MTsN 4 Bone, (3) Dampak dari perilaku off-task yang dilakukan oleh subjek SA di MTsN 4 Bone, (4) Upaya yang dapat dilakukan dalam menangani masalah perilaku off-task pada subjek SA di MTsN 4 Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu subjek (SA), teman kelas, guru BK, guru mata pelajaran, dan orang tua subjek. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran terkait dengan bentuk-bentuk perilaku off-task pada subjek SA yaitu perilaku off-task motoric behavior, perilaku off-task verbal behavior, dan perilaku off-task passive behavior. (2) Faktor yang menyebabkan perilaku off-task pada subjek SA yaitu faktor internal: motivasi belajar siswa yang rendah dan kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran di kelas. Adapun faktor eksternal: adanya pengaruh dari teman. (3) Dampak perilaku off-task yang dilakukan oleh subjek SA yaitu dampak internal: tidak dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan ketinggalan materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru. Adapun dampak eksternal: mengganggu konsentrasi teman yang sedang belajar serta kecenderungan pada siswa lain untuk terpengaruh dan ikut berperilaku off-task di kelas. (4) Upaya yang dilakukan dalam menangani masalah perilaku off-task pada subjek SA adalah melalui upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah/ guru BK dan upaya yang dilakukan oleh peneliti. Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah/ guru BK adalah dengan melibatkan berbagai strategi, seperti memberi teguran, peringatan, atau nasihat, serta komunikasi dengan orang tua. Adapun upaya yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan teknik kontrak perilaku. Setelah intervensi diberikan, maka subjek SA secara perlahan dapat mengurangi perilaku off-task-nya dan mencapai keberhasilan dalam belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:24
Last Modified: 22 Jan 2024 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35043

Actions (login required)

View Item View Item