Katrina (2024) Perilaku Agresi Verbal pada Kpopers (Studi Kasus pada Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar).
Text
Katrina-1744042027-Jurnal Ilmiah-Bimbingan dan Konseling.pdf Download (547kB) |
Abstract
Katrina, 2023. Perilaku Agresi Verbal pada Kpopers (Studi Kasus pada Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar). Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons dan Dr. Suciani Latif, M.Pd) Penelitian ini membahas tentang perilaku agresi verbal Kpopers pada mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran perilaku agresi verbal Kpopers pada mahasiswa berinisial F di Universitas Negeri Makassar. (2) Faktor yang menyebabkan mahasiswa berinisial F memiliki perilaku agresi verbal di Universitas Negeri Makassar. (3) Upaya penanganan perilaku agresi verbal pada mahasiswa berinisial F di Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Pengumpulan data instrument melalui wawancara dan observasi. Analasis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran perilaku agresi verbal yang dimiliki mahasiswa berinisial F di Universitas Negeri Makassar meliputi marah jika membahas idol lain, membentak teman ketika ditegur ribut di kelas, marah jika idolnya direndahkan oleh orang lain sehingga F akan membalas dengan menghina dan merendahkan, tidak setuju dan menyalahkan fandom lawan jika idolanya tidak menang dalam suatu penghargaan dengan memberikan tuduhan-tuduhan pada idol dan melakukan pertengkaran dengan fandom lain, bersikap sarkastik dengan menyindir dan menghina teman. (2) Faktor yang menyebabkan perilaku agresi verbal Kpopers pada mahasiswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. (3) Upaya yang dapat dilakukan terhadap subjek yang memiliki perilaku agresi verbal adalah dengan pemberian alternatif bantuan berupa Konseling Behavioral dengan teknik Self Control dan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan teknik Cognitive Disputation untuk mengubah pe
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 02:12 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 02:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35041 |
Actions (login required)
View Item |