Pengaruh Kegiatan Melukis dengan Bahan Alam terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar.

Elvira Juni Utami (2023) Pengaruh Kegiatan Melukis dengan Bahan Alam terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar.

[img] Text
ARTIKEL-ELVIRA JUNI UTAMI (1949040014).pdf

Download (628kB)

Abstract

Elvira Juni Utami, 2023. Pengaruh Kegiatan Melukis dengan Bahan Alam terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Syamsuardi dan Rusmayadi) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Melukis dengan Bahan Alam terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 orang yaitu anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 anak dengan 16 anak sebagai kelompok eksperimen dan 16 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian uji independent sample t-test, diperoleh nilai Equal variances assumed Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang kurang dari nilai alpa 0,05, berarti h0 ditolak dan ha diterima yaitu ada perbedaan rata-rata perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al�Badar Kabupaten Takalar. Dari hasil analisis independent sample t-test dapat dibuktikan hipotesis penelitian yang telah dirumuskan yaitu jika ada perbedaan rata�rata kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar maka h0 ditolak dan h1 diterima yaitu ada pengaruh kegiatan melukis dengan bahan alam terhadap kraetivitas anak usia 5-6 tahun di TK ABA Al-Badar Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:10
Last Modified: 30 Nov 2023 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34845

Actions (login required)

View Item View Item