Konsep Diri Siswa Broken home dan Penanganannya(Studi Kasus di SMKN 3 Soppeng)

Muh. Fadlil Al Gusyairi (2023) Konsep Diri Siswa Broken home dan Penanganannya(Studi Kasus di SMKN 3 Soppeng).

[img] Text
Muh. Fadlil Al Gusyairi_Artikel Ilmiah Skripsi_1844041028_BK.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Konsep Diri Negatif Siswa Broken home dan Penanganannya. (Studi Kasus pada satu siswa di SMKN 3 Soppeng). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran konsep diri negatif pada siswa PGP (2) Faktor-faktor yang menyebabkan terbentuknya konsep diri negatif pada siswa PGP (3) Upaya penangan konsep diri negetif yang dilakukan terhadap siswa PGP. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak satu orang siswa berinisial PGP. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran konsep diri PGP yaitu sering memandang dirinya tidak disukai oleh orang lain. (2) Faktor penyebab konsep diri negatif yang dialami PGP adalah kurangnya kasih sayang karena kondisi keluarga konflik orang tua kandung pasca perceraian (3) Upaya penanganan bagi siswa PGP yang mengalami konsep diri negatif adalah melalui pelaksanaan konseling realita dengan teknik WDEP terdiri dari 4 tahap yaitu eksporasi want and needs, doing dan direction, evaluasi, dan planning. Konseling dilakukan dengan 4 pertemuan yang dapat mengatasi permasalahan konsep diri negatif siswa broken home Kata Kunci: Konsep Diri, Broken home, Konseling Realita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:55
Last Modified: 30 Nov 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34832

Actions (login required)

View Item View Item