INDIRA AZZAHRA R (2023) PENGARUH TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS VERBAL SISWA DI SMK NEGERI 6 TAKALAR.
Text
JURNAL_INDIRA AZZAHRA R.pdf Download (695kB) |
Abstract
Perilaku agresif adalah perilaku yang cenderung merugikan diri sendiri ataupun objek pengganti lainnya. Perilaku agresif juga secara umum disebutkan sebagai perilaku yang cenderung bertentangan dengan norma sosial yang berlaku menimbulkan ketakutan atau keresahan bagi objek yang diberikan perlakuan atau bagi masyarakat. Breakwell (Qatrunnada, 2020) mengemukakan bahwa agresivitas verbal adalah tindakan niat yag dilakukan untuk menyakiti orang lain melalui ucapan atau kata-kata misalnya berkata kasar seperti makian, mengintimidasi, cemohan, menghina atau menyindir orang lain dengan kata�kata kasar lainnya dan yang dapat menyakiti perasaan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menekankan pada pengolahan angka atau data numerikal yang diolah dengan metode statistik. Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan desain A-B-A dan melibatkan 3 orang peserta berinisial RV, SA dan JH. Desain A-B-A merupakan salah satu pengembangan dari desain A-B, desain A-B-A telah menunjukkan adanya hubungan sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat. Prosedur dasar dalam desain A-BA yaitu mula-mula target behavior diukur secara konttinyu pada kondisi baseline (A) sebelum intervensi (B) kondisi ketika diberikan perlakuan intervensi, pengukuran untuk fase kedua diberikan (A) hal ini dimaksud sebagai kontrol untuk fase intervensi, sehingga memungkinkan untuk menarik kesimpulan adanya fungsionel antara variabel bebas dengan variabel terikat. Kata Kunci: Modeling Simbolis, Agresivita Verbal
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 02:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34828 |
Actions (login required)
View Item |