PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANIPA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURJANNAH HASAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANIPA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DLL.docx

Download (82kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx

Download (22kB)
[img] Text
SKRIPSI JANNAH HASAN.docx

Download (74kB)
[img] Text
RPP sebelum valid.docx

Download (1MB)
[img] Text
SOAL POST-TEST.docx

Download (89kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Nurjannah Hasan, 2017. Pengaruh Model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Muhammad Akil Musi,M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang gambaran pengaruh model pembelajaran bebasis portofolio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Emmy Saelan ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah pre-experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model pembelajaran berbasis portofolio dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPA. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa. Terbukti adanya bahwa perbandingan rata-rata nilai pretest dan nilai postest pada kelas IV yaitu 67,40 < 71,40 artinya bahwa setelah pemberian treatment menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis portofolio memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:48
Last Modified: 28 Nov 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34818

Actions (login required)

View Item View Item