PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SDN NO.1 CENTRE PATTALLASSANG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR

ERNI KUSUMA SAKTI (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SDN NO.1 CENTRE PATTALLASSANG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (61kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (7MB)

Abstract

ERNI KUSUMA SAKTI. 2017. Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV SD SDN No. 1 Centre Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd. dan Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV sehingga digunakan media audio sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV? dan Bagaimana gambaran keterampilan menyimak siswa kelas IV?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan media audio dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV dan mendeskripsikan gambaran keterampilan menyimak siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media audio dan keterampilan menyimak. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IV sebanyak 34 orang. Tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 19 orang laki – laki dan 15 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data analisi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Meningkatnya keterampilan menyimak dapat dilihat melalui peningkatan persentase aktifitas mengajar guru dan persentase aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Aktivitas mengajar guru dan belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Peningkatan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa tersebut disertai pula dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II. Pada siklus I hasil belajar siswa belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:33
Last Modified: 28 Nov 2023 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34815

Actions (login required)

View Item View Item