PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 146 RADDAE KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO

MUNIRA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 146 RADDAE KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (131kB)
[img] Text
ISI.doc

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN SIKLUS I.docx

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN SIKLUS II.docx

Download (420kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP1.docx

Download (60kB)

Abstract

MUNIRA, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si. dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd., Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo?. Penelitian ini bertujuan mendekripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan dengan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching oleh guru dan hasil belajar murid. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo, sebanyak 18 murid, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar murid siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat yaitu berada dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:18
Last Modified: 27 Nov 2023 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34804

Actions (login required)

View Item View Item