PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

IRMAYANTI ISMAIL (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PERTAMA.docx

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN KEDUA.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB 1 - LAMPIRAN.docx

Download (554kB)

Abstract

Irmayanti Ismail. 2016. Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Dra. St. Nursiah B, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:52
Last Modified: 27 Nov 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34794

Actions (login required)

View Item View Item