PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN KARUWISI II KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASAR

HARIATI D. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN KARUWISI II KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (54kB)
[img] Text
2. ABSTRAK, PRAKATA, DAFTAR ISI.docx

Download (88kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
4. BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN HD.docx

Download (1MB)
[img] Text
9. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Hariati D., 2016.Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Karuwisi II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh: Dra.St. Nursiah B., M.Pd. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Karuwisi II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V SDN Karuwisi II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN Karuwisi II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan siswa berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditentukan dan berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan adanya aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V SDN Karuwisi II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 09:06
Last Modified: 24 Nov 2023 09:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34789

Actions (login required)

View Item View Item