PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD II KALOMENE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA

SudarmanArdiyansyah S (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD II KALOMENE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
setelah judul.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
Addank.docx

Download (42kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (3MB)

Abstract

Sudarman Ardiansyah S. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas V SD II Kalomene Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. ST. Nursiah B, M.Pd dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini di laksanakan karena adanya masalah yaitu rendahnya hasil belajar siwa yang disebabkan oleh beberapa faktor sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD 11 Kalomeme Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Dengan demikian Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SD II Kalomene Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berada pada kategori kurang (K) dimana hasil belajar siswa dilihat dari tes akhir siklus I dari 19 siswa, 12 siswa dikatan tuntas (58,82%) dan 7 siswa dikatakan tidak tuntas (41,18%), terlihat juga dalam proses pemebelajaran masih kurang terlaksana dengan baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Dimana dari 19 siswa, 18 siswa telah dinyatakan tuntas (94,74%) dan 1 siswa dinyatakan belun tuntas (5,26%) ditunjang dengan proses pembelajaran yang telah berjalan dengan baik. sehingga dari hasil penelitian yang telahdipaparkan sebelumnya peneliti manarik Kesimpulan yaitu bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD II Kalomene Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 09:02
Last Modified: 24 Nov 2023 09:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34788

Actions (login required)

View Item View Item