JHEMI ROBINSON MARKUS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VISD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
kover.docx Download (35kB) |
|
Text
Halaman Judul.docx Download (89kB) |
|
Text
Gabungan Isi.docx Download (2MB) |
Abstract
Jhemi Robinson Markus, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Nurhaedah., S.Pd., M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah, Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe cooperative script dan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia. Setting penelitian bertempat di SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba dengan subjek penelitian yang terdiri dari satu orang guru kelas dan siswa kelas VI berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya yakni reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe cooperative script meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan ujung Loe Kabupaten Bulukumba pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 08:26 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 08:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34784 |
Actions (login required)
View Item |