PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VISD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

JHEMI ROBINSON MARKUS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VISD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
kover.docx

Download (35kB)
[img] Text
Halaman Judul.docx

Download (89kB)
[img] Text
Gabungan Isi.docx

Download (2MB)

Abstract

Jhemi Robinson Markus, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Nurhaedah., S.Pd., M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah, Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe cooperative script dan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia. Setting penelitian bertempat di SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba dengan subjek penelitian yang terdiri dari satu orang guru kelas dan siswa kelas VI berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya yakni reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe cooperative script meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan ujung Loe Kabupaten Bulukumba pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:26
Last Modified: 24 Nov 2023 08:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34784

Actions (login required)

View Item View Item