PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VSD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOEKABUPATEN BULUKUMBA

Anina Manaha (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VSD NEGERI 14 BABANA KECAMATAN UJUNG LOEKABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
COVER.docx

Download (24kB)
[img] Text
lengkap.docx

Download (134kB)
[img] Text
isi skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

Anina Manaha.2016.Penerapan Model Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 14 Babana, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPA pada kelas V SD Negeri 14 Babana, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitin ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 14 Babana, Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 14 Babana Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan / tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seorang guru dan jumblah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru pada siklus I yang kurang dan pada siklus II yang meningkat. Demikian pula hasil belajar siswa pada siklus I kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournamnets (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas V SD Negeri 14 Babana, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:19
Last Modified: 24 Nov 2023 08:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34783

Actions (login required)

View Item View Item