PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

FEVY MASRI REBEKA POEH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (278kB)
[img] Text
FEVY POEH SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

FEVY MASRI REBEKA POEH. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing Drs. Lutfi B. M.Kes dan Andi Dewi Riang Tati., S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalahnya ialah Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA diKelas V SDN 183 Garanta kecamatan ujung loe kabupaten bulukumba? Penelitian ini bertujuandalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD N 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA. Subjek penelitian adalah satu orang guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumbayang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Hal ini dapat dilihat hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan kategori baik, begitupun hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan kategori baik. Dengan meningkatnya hasil mengajar guru dan aktivitas belajar siswa meningkat pula hasil belajar siswa yang dimana pada siklus I berada pada kategori cukup namun dapat meningkat pada siklus II dengan kategori baik sehingga telah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian penerapan model pembelajara kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 183 Garanta kecamatan ujung loe kabupaten bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:14
Last Modified: 24 Nov 2023 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34781

Actions (login required)

View Item View Item