PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 BABANA KECAMATANUJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

SARTIKA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 BABANA KECAMATANUJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (142kB)
[img] Text
BAB 1 2 3 4 dan 5.docx

Download (862kB)

Abstract

Sartika, 2016. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah.,S.Pd.,M.Pd dan Hamzah Pagarra,S.Kom.,M.Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung loe Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil belajar IPA. Subjek pada penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas IV SD Negeri 12 Babana Kabupaten Bulukumba, yang aktif terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 23 orang, yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan hasil observasi aktifitas belajar siswa berada pada kategori cukup serta ketuntasan belajar siswa hanya terdapat empat orang siswa tuntas dan Sembilan belas siswa tidak tuntas berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II pembelajaran meningkat berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik serta hasil belajar siswa yang tuntas dua puluh satu orang dan siswa tidak tuntas dua orang, berada pada kategori baik. Maka kesimpulan hasil penelitian ini masalah peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung loe Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:07
Last Modified: 24 Nov 2023 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34774

Actions (login required)

View Item View Item