PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

JURIANSYAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (65kB)
[img] Text
Isi.docx

Download (2MB)

Abstract

JURIANSYAH. 2016. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian mengangkat masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Negeri 12 Babana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Pada Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan seluruh siswa kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki – laki dan 10 orang siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Fokus penelitian adalah penerapan model Discovery Learning dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model Discovery Learning.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:37
Last Modified: 23 Nov 2023 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34743

Actions (login required)

View Item View Item