Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SD Inpres 112 Tamarunang Kabupaten Jeneponto

Ira Susanti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SD Inpres 112 Tamarunang Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
1. sampul.docx

Download (71kB)
[img] Text
2. Halaman judul dll.docx

Download (86kB)
[img] Text
3. isi skripsi.docx

Download (2MB)

Abstract

Ira Susanti,2015. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SD Inpres 112 Tamarunang Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing Oleh Drs. Lutfi B,M. Kes dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD 112 Tamarunang Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana Menerapkan Metode Pembelajaran picture and picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres 112 Tamarunang?”. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahuai peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa Kelas V SD Inpres 112 Tamarunang Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Inpres 112 Tamarunang Kabupaten Jeneponto dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C),sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Selain itu terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu pada siklus I dalam kategori cukup (C) siklus II pada kategori baik (B) dan peningkatan aktivitas mengajar guru pada siklus I berada dalam kategori cukup (C) siklus II dalam kategori baik (B). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan baahwa jika model pembelajaran picture and picture diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahamansiswa kelas V SD Inpres 112 Tamarunang Kabupaten Jeneponto akan meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:02
Last Modified: 23 Nov 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34725

Actions (login required)

View Item View Item