PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN BONTOMANAI KANJILO KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA

MARLINA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN BONTOMANAI KANJILO KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
00.SAMPUL i.docx

Download (41kB)
[img] Text
daftar isi ii-iii-iv.docx

Download (37kB)
[img] Text
daftar isi mulai v INA.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1-3.doc

Download (300kB)
[img] Text
bab daftar pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lam 22 daftar nilai tes siklus I.doc

Download (126kB)
[img] Text
Lam 23 daftar nilai tes siklus II.doc

Download (123kB)
[img] Text
lam 30 riwayat hidup.doc

Download (54kB)

Abstract

MARLINA. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Bontomanai Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin M. Si dan Andi Dewi Riang Tati S. Pd., M. Pd pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Bontomanai Kanjilo Kecamatan Barombong kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas IV SDN Bontomanai Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas IV SDN Bontomanai Kanjilo Kecamatan Kanjilo Kabupaten Gowa yang berjumlah 32 orang, dengan rincian 17 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan peningkatan aktivitas belajar siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya. Aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar matematika siswa pada siklus I secara klasikal belum mencapai indikator keberhasilan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal berada pada kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan karena secara klasikal telah melampaui indikator keberhasilan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan berada pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Bontomanai Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:26
Last Modified: 22 Nov 2023 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34709

Actions (login required)

View Item View Item