PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 3 PANCARIJANG KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDRAP

SUGIANTO (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 3 PANCARIJANG KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDRAP.

[img] Text
DAFTAR ISI (ANTO).docx

Download (163kB)
[img] Text
skripsi ANTO SAPUTRA.docx

Download (993kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP anto.docx

Download (52kB)

Abstract

Sugianto.2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 3 Pancarijang Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap. Skripsi Dibimbing oleh Dra. St.Nursiah B., Mpd dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Pancarijang Kecamaan Kulo Kabupaten Sidrap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA kelasV SD Negeri 3 Pancarijang Kecamaan Kulo Kabupaten Sidrap? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatakan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Pancarijang Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Pancarijang Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup (C) dan siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 3 Pancarijang Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap dan peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:44
Last Modified: 22 Nov 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34705

Actions (login required)

View Item View Item