PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 72 PAKALU II KECAMATAN BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS

MUHAMMAD YUSUF (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 72 PAKALU II KECAMATAN BANTIMURUNG KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (199kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL DAFTAR ISI.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (4MB)

Abstract

MUHAMMAD YUSUF, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 72 Pakalu II Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh .; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 72 Pakalu II Kecamatan Bantumurung Kabupaten Maros. Rumusan masalah yang diajukan yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat mrningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 72 Pakalu II Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas VI SDN 72 Pakalu II Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowaball Throwing dan fokus pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 72 Pakalu II Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros, sebanyak 13 orang siswayang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur dan desain penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adlaah mereduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua silkus, masing-masing silus terdiri dari dua pertemuan. Adapun hasil tes evaluasi siklus I berada pada kualifikasi kurang (K) atau belum mencapai indikator keberhasilan, sedangkan pada siklus II berada pada kualifikasi baik (B) dan dinyatakan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperarif tipe snowball throwing pada siswa kelas VI SDN 72 Pakalu II Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:32
Last Modified: 22 Nov 2023 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34704

Actions (login required)

View Item View Item